ChemSketch

Cara Menggunakan Aplikasi ChemSketch

Assalmualaikum teman-teman,,, disini saya mempunyai info menarik lagi terkait aplikasi yang memudahkan pada bidang kimia. Dijamin membantu banget untuk teman-teman yang senang sama kimia. Aplikasinya adalah ChemSketch. Chemsketch adalah software yang digunakan untuk menggambarkan dan memodelkan struktur molekul kimia. Software chemsketch dapat menggambarkan struktur kimia dalam bentuk 2D dan 3D. Software ini sangat mudah digunakan hanya dengan mengklik dan mendrag tool-tool yang tersedia untuk menggambar struktur yang diinginkan. Program ini juga menyediakan struktur asam amino, alkaloid, karbohidrat, asam nukleat, DNA/RNA, peralatan laboratorium yang berupa gelas, orbital, steroid, terpen dan lain-lain yang tersimpan dalam menu templates. Software ini juga menyediakan penggambaran kurva dan grafik. Chemsketch dikeluarkan oleh ACD/Labs.com yang dapat diunduh secara gratis (Anonim, 2008).

Aplikasi chemsketch dapat digunakan untuk membuat struktur lewis. Jika ingin mengambarkan struktur Lewis secara manual tidaklah sulit. Namun pada saat menuliskan/menggambar dengan program olah kata itu akan menyulitkan. Oleh karena itu akan lebih mudah kalau menggunakan perangkat lunak pendukung yang khusus. Misalnya dengan menggunakan Chemsketch.

Penggunaan ChemSketch untuk menggambar struktur Lewis sangat mudah. Di situ sudah tersedia beberapa model dan kita bisa menambahkannya sendiri sehingga pada saat diperlukan kita tinggal klik saja.

Cara menggambar struktur Lewis:

1.      Buka ChemSketch: Klik Start-> Program -> ACDLabs 12 -> ChemSketch

2.      Klik F5 atau klik menu Template -> Template Windows

s0

3.      Pilih model struktur Lewis yang sesuai dengan meng-klik-nya dan kemudian klik pada area kerja ChemSketch. Misalnya saya pilih struktur Lewis dari CH4.

 

s1

s2

4.      Pindahkan dari mode Structure ke mode Draw agar struktur Lewis tadi bisa dikopi

5.      Klik struktur Lewis tadi kemudian kopi dengan Tombol Ctrl + C atau klik Edit -> Copy

6.      Buka pengolah kata yang biasa anda pakai.

s3

 

7.      Letakkan (paste/rekat) pada posisi di mana anda akan meletakkan struktur Lewis kemudian Ctrl+V atau klik menu Edit -> Paste pada pengolah kata tadi.

8.      Lakukan hal yang sama untuk struktur Lewis lainnya.

Bagaimana kalau kita ingin menambah model Lewis yang tidak tersedia di Template-nya ChemSketch?
Berkas (file) untuk template ini sebenarnya terletak pada c:\program files\acdfree12\template\. Kita bisa memodifikasi dan membuat sendiri template yang belum tersedia. Untuk menambah atau memodifikasi template yang ada.

1.      Buat model struktur lewis secara manual pada mode Draw. Gunakan atau aktifkan Tool Edit Texts yang berada tepat di bawah tulisan Draw. Mulailah menggambar struktur Lewis satu persatu dan dengan menggunakan beberapa template yang tersedia (seperti dot dll). Setelah selesai menggambar itu lakukan grouping dengan klik menu Object dan pilih Group. Jangan lupa sebelumnya seleksi semua gambar tadi. Untuk mengkopi bagian tertentu praktis (tekan tombol Ctrl sambil men-drag apa yg akan dikopi kemudian meletakkan di sisi lain.

s4

2.      Setelah selesai pada menu Templates klik Save User Template…

s5

3.      Isikan nama template dan tempat penyimpanan template yang anda buat pada folder tertentu.

4.      Template siap digunakan dan secara otomatis ada dalam jendela template windows.

Terima kasih dan selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *